Looking For Anything Specific?

Header Ads

Ancaman Anemia Pada Remaja Agar di Waspadai

Sering kita dengar remaja sekarang banyak yang mengeluhkan sakit kepala,namun kita tidak pernah menghiraukannya karna kita berfikir bahwa itu hanya sakit kepala biasa.Jarang orang tua langsung menduga bahwa itu anemia karna menurut mereka hanya orang dewasa lah yang mengalami anemia,namun apakah kalian tahu buan hanya orang dewasa remaja juga bisa terserang penyakit anemia.


Anemia Pada Remaja

Anemia adalah ketika kekurangan sel darah merah yang sehat atau sel darah merah tidak berfungsi dengan baik. Tanpa sel darah merah yang cukup, oksigen tidak akan sampai ke organ-organ tubuh dengan maksimal. Akibatnya, fungsi tubuh pun terganggu.

Jenis anemia berbeda-beda tergantung penyebabnya:

  • Anemia akibat tubuh tidak mereproduksi sel darah merah yang cukup.
Kondisi ini sering juga disebut  anemia defisien.Zat besi terjadi ketika anak kurang asupan yang mengandung zat besi.

  • Anemia karena sistem imun yang terlalu banytak menghancurkan sel darah merah.
Kondisi ini biasanya banyak dialami anak yang mengalami kelainan darah.
  • Anemia karena pendarahan.
Layaknya anak remaja perempuan yang mengalami menstruasi.Jika berlebihan bisa menjadi pendarahan menstruasi dan jika itu terjadi akan mengalami kekurangan sel darah merah dan sering membuat pusing.Jika hal itu terjadi berkelanjutan segera konsultasi kepada dokter kandungan.


Pada umumnya yang rentan terkena anemia adalah remaja perempuan dibanding remaja laki-laki,karna pada dasarnya perempuan akan mengalami menstruasi setiap sekali sebulan.



Gejala Anemia Yang Perlu di Waspadai

Tidak sulit mengenali tanda-tanda anemia pada anak remaja,anak yang mengalami anemia akan mudah lelah dan tidak bersemangat.

Ada juga tanda-tanda lain jika sudah terkena anemia:
  • sering sakit kepala
  • sulit berkonsentrasi
  • mudah lupa
  • terlihat pucat
Periksa ke dokter jika itu sudah di alami seorang anak,bisa jadi ia sudah mengalami anemia dan perlu asupan suplemen penambah darah atau mengubah pola gaya hidup agar tidak semakin parah.



Bagaimana Mengatasi Anemia Pada Remaja

Selain memberi konsumsi suplemen,ada juga cara sederhana yang bisa mencegah anemia pada anak:


  • Hindari pemberian teh pada anak
Tannin dan oxalate dalam teh bisa mengikat zat besi dalam tubuh, sehingga tubuh tidak mampu menyerap zat besi.Sehingga teh dapat menurunkan zat besi pada tubuh hingga 50 persen.
  • Jangan lupakan vitamin C
Vitamin C dapat membantu daya tahan tubuh tetap fit dan meningkatkan penyerapan  zat besi.Zat besi yang ada pada sayur-sayuran susah dicerna tubuh,sehingga komsumsi vitamin ini sangat membantu meningkatkan zat besi pada tubuh serta dapat mencengah anemia pada anak.
  • Awasi Menstruasi pada anak
Anemia bisa di akibatkan karna menstruasi yang berlebihan.Jika sering mengalami haid yang berkepanjangan segera konsultasi ke dokter kandungan dan bicara kepada dokter apa penyebabnya.
  • Istrahat yang cukup
Kadang karna tugas sekolah atau kesibukan lain nya yang membuat kita terus-menerus kekurangan tidur juga bisa memicu adanya anemia.Jangan biasakan menggunakan waktu tidur mu untuk bekerja,beristirahat lah dengan cukup agar tubuh mu dapat beroperasi dengan baik dan juga tidak mudah di serang anemia.

Anemia pada anak tidak bisa di sepelekan,untuk anemia yang masih gejala ringan mungkin akan bereaksi tidak sering,namun jika tidak segera di tangani  maka itu akan semakin parah dan dapat mengganggu kualitas hidup sang anak.


Posting Komentar

0 Komentar